Kegiatan 8. Mengembangkan/Upgrade Accounting Information System (AIS)

Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi (AIS) RS – DL-5

Dari hasil pengamatan awal diketahui bahwa tiga RS yang terlibat dalam penelitian ini tidak ada yang memiliki SOP Akuntansi. RS juga tidak memiliki informasi satuan biaya. Padahal informasi ini diperlukan jika RS ingin mengetahui tingkat efisiensi yang bisa dihasilkan dari proses intervensi di aspek klinis. Oleh karenanya ada dua kegiatan yang akan dilakukan pada DL-5 yaitu:

  1. Mendampingi RS untuk melakukan penghitungan biaya satuan kegiatan di pelayanan TB. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah  diketahuinya biaya satuan pelayanan TB sesuai dengan clinical pathway.
  2. Mendampingi RS Islam Jakarta untuk membuat SOP Akuntansi yang akan memudahkan RS nantinya menyusun laporan keuangan RS dan menghitung biaya Pelayanan TB. RS Islam Jakarta dipilih karena menunjukkan komitmen dan keinginan untuk mengembangkan AIS.

Metode: kegiatan akan dilaksanakan dalam bentuk serial workshop di dua lokasi (sesuai dengan situasi dan kebutuhan), yaitu Jakarta dan Yogyakarta.

WorkshopTujuanLokasiTanggal
1.1Sosialisasi template analisis biaya satuan dan template SOP AkuntansiJakarta20-21 November
Yogyakarta1-2 Desember
1.2Evaluasi hasil pengisian dan analisis data templateJakartaFebruari 2015
Yogyakarta
1.3Finalisasi dokumenJakartaMaret 2015
Yogyakarta
1.4Simulasi Dokumen AIS di RSI JakartaJakartaMaret 2015
2.1Evaluasi hasil pengisian templateJakartaApril 2015
Yogyakarta
2.2Finalisasi dokumenJakartaMei 2015
Yogyakarta
2.3Simulasi Dokumen AIS di RSI JakartaJakartaMei 2015
3.1Evaluasi hasil pengisian templateJakartaJuni 2015
Yogyakarta
3.2Finalisasi dokumenJakartaJuli 2015
Yogyakarta
3.3Simulasi Dokumen AIS di RSI JakartaJakartaJuli 2015
4Penulisan Laporan dan Pengembangan rekomendasiYogyakartaAgustus – Oktober  2015

 

Keterangan:

  • Meskipun sosialisasi template sudah dilakukan di bukan Desember, namun kemungkinan besar staf akuntansi yang terlibat dalam workshop ini akan disibukkan dengan pembuatan laporan keuangan RS Tahun Anggaran 2014, sehingga baru akan bisa mengisi data untuk kebutuhan penelitian di Bulan Januari 2015. Data baru dapat dievaluasi dan dianalisis pada Bulan Februari 2015.
  • Dalam satu siklus, kegiatan terdiri dari: pengisian data – evaluasi hasil pengisian dan analisis – finalisasi dokumen – simulasi (khusus untuk RS Islam Jakarta)
  • Khusus untuk kegiatan penyusunan AIS (mulai dari pengisian template hingga simulasi), keberhasilan kegiatan juga tergantung pada komitmen tim RS Islam Jakarta.

icon-powerpoint Laporan Kegiatan dan Materi Pelatihan

Trackback from your site.

Leave a comment