REd DOT Project

reddotbaner

REd DOT Project merupakan sebutan untuk tim peneliti dari judul penelitian ini, yaitu Exploring the readiness for the implementation of Direct Observed Treatment of Multidrug Resistant Tuberculosis in primary care setting. Desain penelitian ini menggunakan implementative research. Penelitian ini berupaya mengeksplorasi kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama atau puskesmas dalam memberikan pelayanan terapi lanjutan pada pasien tuberkulosis resisten obat (TB MDR).

Penelitian ini merupakan kerjasama antara Desease Control Research Group Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dan didanai oleh WHO melalui Scapir Universitas Gadjah Mada.

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya tren bertambahnya kasus TB MDR dan tantangan kepatuhan pasien dalam pengobatan MDR-TB masih menjadi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan. Sedangkan tujuannya adalah  mengeksplorasi kesiapan pelaksanaan layanan DOT untuk kasus MDR-TB di Puskesmas; menilai kesiapan organisasi untuk melaksanakan DOT untuk kasus MDR-TB di Puskesmas; dan menilai kesiapan individu untuk melaksanakan DOT untuk kasus MDR-TB di Puskesmas.

Dan terakhir, sebagai sebuah penelitian implementatif (Implementative Research), tentunya diharapkan dapat diimplementasikan di fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama atau puskesmas yang memberikan pelayanan terapi lanjutan pada pasien tuberkulosis resisten obat (TB MDR).